Khamis, 13 Januari 2011

BELAJARLAH WALAUPUN SUDAH LANJUT USIA


KOMPAS.com — Jika saat ini belum tepat waktunya untuk merealisasikan mimpi Anda melanjutkan pendidikan, yakinlah suatu saat pasti akan datang waktu yang tepat. Kuncinya, meyakini bahwa Anda, perempuan yang punya banyak peran, juga bisa mengembangkan diri melalui pendidikan, baik pendidikan formal maupun informal.

Kompas Female menemui sejumlah perempuan dari kalangan muda maupun yang telah berusia lanjut yang membuktikan kegigihan menempuh pendidikan. Kesibukan, baik dalam profesi maupun peran lain sebagai ibu atau istri dalam keluarga, tak menyurutkan semangat para perempuan ini untuk terus mengembangkan diri.

Ibu Mooryati Soedibyo (83) memutuskan untuk kembali ke dunia akademik menjelang tahun 2003 berbarengan dengan pencalonan dirinya sebagai anggota DPD RI dari Provinsi DKI Jakarta. Saat itu usianya menginjak 74 tahun. Keputusan untuk berkuliah lagi di Program Koktoral Ilmu Manajemen  Universitas Indonesia disampaikannya melalui pertemuan bersama ke lima anaknya. Pertemuan keluarga yang sekaligus juga menjadi momen untuk membicarakan generasi penerus bisnis keluarga miliknya. Tahun 2007, Mooryati berhasil menyelesaikan disertasi dan meraih gelar doktor di tengah berbagai kesibukannya yang saat itu masih menjabat Presiden Direktur Mustika Ratu.

Kegigihan Mooryati dalam mengembangkan diri melalui jalur pendidikan formal ini menjadi pendorong semangat banyak perempuan muda. Di antaranya, perempuan yang pernah menyandang gelar Puteri Indonesia. Sebut saja Valerina Daniel (runner up Puteri Indonesia 2005), Nadine Alexandra Dewi Ames (Puteri Indonesia 2010), dan Alessandra Khadijah Usman (runner up II Puteri Indonesia 2010).


Ibu Mooryati? Takkan tak kenal? Mustika Ratu sudah tersohor satu Nusantara. Daripada cerita di atas, yang aku nak ketengahkan ialah bagaimana Ibu Mooryati melanjutkan pelajaran pada umurnya sudah menjangkau 74 tahun! Aku? Kenapa aku dah tak sanggup? Sebab aku tak minat belajar. Sebab aku lebih minat macam nilah.....jual herba....! Kepada kalian yang masih berkobar-kobar nak dapat ijazah, master, Phd, jangan hentikan. Teruskan! Selagi masih ada nyawa. Selagi ada kemampuan. 

Satu lagi Puan-puan, walaupun kini usianya sudah 83 tahun, beliau masih sihat! Jadi rajin-rajinlah makan jamu dong! Kurang-kurangpun kapsul minyak kelapa dara! Huhuhu kempen pilihanraya dah bermula!

4 ulasan:

sz | m.s.s berkata...

phewwww...superb la!

MSOM berkata...

Untung SZ mengambil Phd ketika masih terlalu muda. Tahniah

Kak Kay berkata...

betul tu cikgu , belajar lah selagi kita termampu tak semestinya untuk mendapatkan ijazah ke phd ke, tapi belajar aja lah apa2 yang boleh menambahkan pengetahuan kita...

MSOM berkata...

Kak Kay bolehlah ambik kursus membuat jamu. Saya jadi pengedar cukuplah. Untung bagilah 40-50%....
! MENANG-MENANG.